Sunday 30 January 2011

Yang Harus Anda Ketahui tentang BUMN "Garuda Indonesia"

Akan di mulai tweet ttg #BUMNGaruda @islam_indie @estananto @aishawardhana @hansdavidian @yunartowijaya
1.Iklan di Harian Kompas, Minggu, 7 Februari 2010. Hal. 16, Semonia. Posisi di pojok kanan bawah. Tentang piagam unt Garuda. #BUMNGaruda

2.Garuda Indonesia terima penghargaan Best Debt Restructuring Deal of The Year 2009 in South East Asia. Penghargaan yg aneh. #BUMNGaruda

3.Arti terdalam dari iklan berita tersebut adl Garuda sbg BUMN membanggakan dirinya dirinya yg tdk mampu membayar hutang. #BUMNGaruda

4.Kemudian meminta tolong kepada pemberi hutang sebuah kesempatan untuk menjadwal ulang pembayaran hutang yg ada. #BUMNGaruda

5.Sedihnya ketidakmampuan itu dianggap sebagai prestasi dan menerima piagam penghargaan. Yg kemudian diiklankan tsb. #BUMNGaruda

6.Seharusnya prestasi yg sejati adalah kalau Garuda Indonesia mampu membayar hutangnya. Untuk itu perlu ada piagam perhargaan. #BUMNGaruda

7.Dunia sudah terbolak-balik. Membangun citra korporasi boleh, tapi kalau begitu caranya itu adalah pembodohan yg sistematis. #BUMNGaruda

8.Kritik atas iklan tersebut pernah disampaikan oleh seorang anggota DPR langsung ke CEO Garuda dan pejabat di kementrian BUMN. #BUMNGaruda

9.Katanya Garuda telah mampu mengurangi hutangnya lebih dari USD 150jt sejak 2006 (dari cash flow Garuda Sendiri) #BUMNGaruda

9.Padahal salah satu sumber cash flow itu adalah dengan menjual gedung kantor pusat Garuda di Jl. Merdeka Selatan sebesar 400M. #BUMNGaruda

10.Kantor Pusat Garuda dipindah dg menyewa gedung Angkasa Pura 2 di kawasan bandara Soetta. Cengkareng. Asset gedung dijual. #BUMNGaruda

11.Penjualan aset gedung kantor pusat unt membayar hutang. Pembeli gedungnya adl kementrian BUMN sendiri. #BUMNGaruda

12.Garuda kehilangan fix asset berharga tsb. Status kantor pusat mereka saat ini adl sewa. Kegiatan operasional di atur dr sana. #BUMNGaruda

Maaf. Poin 9. Tertulis 2x. Jadi habis 12 langsung ke 14. Tidak ada 13.

14.Sang CEO juga beralasan bahwa keberhasilan merestrukturisasi hutang oleh Garuda perlu di apresiasi dia membandingkan dg JAL. #BUMNGaruda

15.Karena Japan Air Lines (JAL) gagal melakukan restrukturisasi hutang. Iklan tersebut untuk memberikan confident ke pasar. #BUMNGaruda

16.Bahwa Garuda bertanggung jawab atas hutang2nya. Walaupun kata Sang CEO hutang tersebut ada yg berasal dari hutang th.1996. #BUMNGaruda

17.Membangun market confident dan membandingkan debt restructure Garuda Indonesia dg Japan Air Lines adalah 2 hal yg berbeda. #BUMNGaruda

18.Kalo Garuda sbg carrier flag secara korporasi berkinerja bagus maka scr alami kepercayaan pasar akan terbentuk dg sendirinya #BUMNGaruda

19. Sedangkan kegagalan JAL melakukan debt restructuring adl karena posisi market domestik dan regional JAL yg mulai meredup,... #BUMNGaruda

20....pensiun karyawan yg terlalu membebani cash flow structure serta berubahnya policy pemerintah Jepang... #BUMNGaruda

21....atas permasalahan debt restructuring perusahaan negara yg membebani anggaran negara. Pemerintah Jepang sangat hati2. #BUMNGaruda

22.Ingat debt restructuring Japan Post menjadi Japan Post Bank menjadi indikasi perubahan policy tsb dan berhasil mengatasinya. #BUMNGaruda

23.Kalau mau membandingkan harus apple to apple. Jadi masalah hutang Garuda tdk bisa dibandingkan dg hutang JAL. Jelas beda. #BUMNGaruda

24.Permasalahan hutang juga bukan semata permasalahan pada tahun kapan hutang itu dibuat... #BUMNGaruda

25...dan itu tidak boleh jadi judgment management untuk menghindari permasalah korporasi yg memang sudah ada yg harus di solved. #BUMNGaruda

26.Yg dijual Garuda unt membayar hutang mereka tdk cuma gedung kantor pusat. Anak2 usahanya pun dijual. Pdhal sangat kinerjanya. #BUMNGaruda

27.Catering dan jaringan hotel aerowisata dijual unt membayar hutang. Sekarang Garuda membeli catering dr bekas anak usahanya. #BUMNGaruda

28.Ingat Cathay Pacific, maskapai penerbangan Hongkong. Mencapai keuntungan yg besar dari kontribusi jasa katering anak usahanya #BUMNGaruda

29.Divisi Catering Cathay Pacific memasok catering ke hampir semua maskapai penerbangan dunia. Sampai punya roti segala. #BUMNGaruda

30.Divisi Catering Cathay Pacific sampai mempunyai homebase di Canada dan Jerman. Unt memperkuat servicenya ke semua maskapai. #BUMNGaruda

31.Dalam pengembangan visi bisnis ini Garuda kalah dg Lion. Lion mengembangkan divisi ground handling. Jasa mengelola terminal. #BUMNGaruda

32.Lion sewa terminal 1A bandara Soetta & Terminal Lama Juanda. Sbg ladang bisnis baru. Selain dipakai sendiri. Akan disewakan. #BUMNGaruda

33.Sehingga mereka tdk harus membayar biaya yg mahal ke Angkasa Pura apabila ada pesawat Lion yg delay atau cancel. Karena... #BUMNGaruda

34....terminal dan ground handling sdh dikelola sendiri. Ada efisiensi atas biaya sewa dan ground handling. Lion cukup cerdas. #BUMNGaruda

35.Kejelian Garuda sbg maskapai penerbangan dlm melihat peluang bisnis ini juga sangat rendah. Dibandingkan Lion. #BUMNGaruda

36.Lion mengusai penerbangan di Indonesia Timur menggesr Merpati & mengambil alih rute yg ditinggal oleh Bouraq. Dg system Hub. #BUMNGaruda

37.Lion membuka jalur Indonesia timur hampir ke semua kota propinsi dan kota lainnya yg dilakukan oleh Wings Air. Anak usahanya. #BUMNGaruda

38.Lion cukup terbang ke Surabaya, Makassar, Menado dan Ambon. Kota2 lainnya penerbangan diteruskan oleh Wings Air. Sinergi. #BUMNGaruda

39.Padahal Rute Lion tdk semuanya rute gemuk. Rute yg dulu diterbangi oleh Garuda rugi tapi oleh Lion malah untung. Aneh kan..? #BUMNGaruda

40.Startegi Lion saat ini sdh bukan lagi tiket murah. Itu sdh ketinggalan jaman promosi tiket murah. Efisiensi biaya adl kunci. #BUMNGaruda

41.Makanya Lion memberanikan diri masuk ke bisnis pengelolaan terminal dan ground handling. Itu demi efisiensi biaya sewa. #BUMNGaruda

42.Kenapa Lion tdk masuk ke bisnis katering? Karena Lion tdk menyediakan katering makanan dalam rute penerbangan lokalnya. #BUMNGaruda

43.Jumlah total penumpang yg diangkut Garuda th 2010 berkisar 5,8jt penumpang. Lion+Wings sudah mendekati 9jt penumpang. #BUMNGaruda

44.Artinya. Saat ini Garuda sudah bukan lagi maskapai penerbangan yg terbesar lagi dari sisi jumlah penumpang yg telah diangkut. #BUMNGaruda

45.Kalah dg Lion+Wings yg dalam satu kepemilikan. Padahal usia perusahaan Lion+Wings belum 10 tahun di bisnis penerbangan. #BUMNGaruda

46.Sementara Garuda berdiri hampir bersamaan dg berdirinya Republik Indonesia. Usianya juga hampir sama cuma beda bulan. #BUMNGaruda

47.Lion juga berani membeli sendiri 175 pesawat Boeing 737-900ER langsung ke Boeing Company. Tanpa menggunakan perantara. #BUMNGaruda

48.Lion memilih 737-900ER yg berdaya angkut besar tapi irit bahan bakar. Kembali kepada orientasi efisiensi yg dilakukan Lion. #BUMNGaruda

50.Lion sepertinya tahu bahwa biaya bahan bakar adl cost tertinggi dlm dunia penerbangan. Dipilih pesawat yg irit bahan bakar. #BUMNGaruda

51.Dia beli langsung ke Boeing tanpa perantara karena Lion tahu. Kalau biaya sewa pesawat jg salah unsur biaya yg besar. #BUMNGaruda

52.Tdk semua 175 pesawat yg nantinya datang akan dipakai semua oleh Lion. Sebagian akan disewakan ke airline lain di Asean. #BUMNGaruda

53.Lion berfikiran lebih baik membayar biaya bunga bank unt membeli tapi akhirnya pesawat jadi milik sendiri dariada leasing. #BUMNGaruda

54.Kejelian seperti yg dimiliki oleh Lion tdk dimiliki oleh para CEO Garuda. Yg rata-rata berasal dari bidang keuangan. #BUMNGaruda

55.Padahal pemilik dan CEO Lion pendidikan sampai tingkat SMA dan pernah punya pengalaman sbg calo tiket pesawat di Cengkareng. #BUMNGaruda

56.Kembali ke Garuda. Ternyata urusan transparansi & efisiensi biaya menjadi masalah yg serius di Garuda. Harus jadi perhatian. #BUMNGaruda

57.Pernah mendengar atau membaca pembatalan pengumuman lelang penjualan 7 pesawat 737-400 dan diganti dg pengumuman lelang baru? #BUMNGaruda

58.Pembatalan lelang itu dianggap melanggar prosedur lelang pemerintah sehingga Dirjen Kekayaan Negara dan Lelang membatalkan. #BUMNGaruda

59.Harus mengikuti prosedur yg baku di Ditjen tersebut. Ini masalah transparansi di tubuh Garuda. Kabarnya lelang tsb diprotes. #BUMNGaruda

60.Diprotes oleh serikat pekerja Garuda. Krn 737-400 umur produksinya masih bagus dan milik Garuda kenapa dijual? Jual aset...? #BUMNGaruda

61.Kebiasaan menjual aset. Ternyata menjadi salah jalan pintas yg dipilih CEO Garuda dlm mengatasi masalah cash flow dan hutang. #BUMNGaruda

62.Kemudian memilih memakai pesawat baru lainnya dengan leasing atau sewa. Makanya kalau ditelisik lebih teliti aset Garuda... #BUMNGaruda

63...dalam bentuk leasing melalui pihak ketiga. Makanya jangan heran sering kita lihat penguman lelang di koran bahwa Garuda... #BUMNGaruda

63...sedang mencari pesawat unt disewa melalui pihak ketiga. Makanya harga sewa pesawat Garuda lebih tinggi harga sewanya..#BUMNGaruda

64.Malaysia Airlines menyewa 737-800NG lebh murah dibandingkan dg Garuda menyewa pesawat yg sama kpd perusahaan leasing yg sama. #BUMNGaruda

65.Cerita masalah efisiensi biaya ini akan menjadi cerita panjang di Garuda. Bahkan ada data yg aneh. Yaitu masalah biaya bunga. #BUMNGaruda

66.Diduga ada permainan pembayaran biaya bunga pinjaman ke salah satu bank BUMN (bukan Bank Mandiri) ada perbedaan rate bunga. #BUMNGaruda

67.Garuda seharusnya membayar biaya bunga pinjaman ke salah satu bank BUMN 2,75% menurut akad kreditnya. Tapi dibayar 3,5%. #BUMNGaruda

68.Ada selisih pembayaran sebesar 0,75% dari yg seharunya atas biaya bunga yg dibayar setiap bulannya. Tinggal dikalikan saja. #BUMNGaruda

69.Lagi2 data ketidak beresan tersebut berasal dari serikat pekerja Garuda yg peduli dg nasib perusahaan tempat dia bekerja. #BUMNGaruda

69.Masalah hutang Garuda ke Bank Mandiri. Ini menjadi persoalan lain yg pelik. Hutang ini berasal dari hutang lama yg berasal.. #BUMNGaruda

70...dari bank2 yg ada sebelum Bank Mandiri lahir. Yaitu bank Exim, BDN, BBD dan Bapindo. Tapi semua terdokumentasi dg baik. #BUMNGaruda

71.Makanya terjadi dispute dan hitungan2an yg rumit dalam menentukan berapa sih besar hutang Garuda ke Bank Mandiri sebenarnya? #BUMNGaruda

72.Bank Mandiri mencatat hutang Garuda ke mereka Rp3,3T termasuk pokok+bunga+denda. Tapi Garuda hanya mengakui Rp1,1T saja. #BUMNGaruda

73.Sudah begitu para CEO Garuda yg para alumni finance & bankers. Meminta Bank Mandiri mengkonvert hutang tersebut sebgai modal. #BUMNGaruda

74.Padahal sdh jelas ada larangan bahwa institusi perbankan dilarang jadi pemegang saham diperusahaan yg tdk ada kaitan dg Bank. #BUMNGaruda

75.Larangan itu ada dalam bentuk Peraturan Bank Indonesia. Bahwa bank tidak boleh punya saham non bank atau non keuangan. #BUMNGaruda

76.Tdk kehilangan akal. Para CEO Garuda melkukan lobby dg sgala cara spyr dibuat pengecualian unt kasus hutang Garuda ke Mandiri #BUMNGaruda

77.Anehnya BI malah memberikan ijin atas perlakuan khusus yg dimohonkan tsb. Jadi Bank Mandiri boleh menjadi pemegang saham... #BUMNGaruda

78...Garuda yg kepemilikannya berasal dr konversi hutang Mandiri yg dijadikan saham atas nama Bank Mandiri di Garuda. Skema aneh #BUMNGaruda

79.Berapa besar prosentase(%) dan nilai saham Bank Mandiri di Garuda masih belum jelas. Kembali tdk ada transparansi dlm proses. #BUMNGaruda

80.Sangat patut dicurigai bahwa IPO Garuda nanti adl melepas saham Bank Mandiri di Garuda tersebut. Sehingga Garuda lepas dari.. #BUMNGaruda

81...dari lilitan hutang yg besar di Mandiri. Dan Mandiri akan memperbaiki portofolio NPLnya ke Garuda. Tapi harus juga waspada. #BUMNGaruda

82.Yaitu adanya benturan kepentingan(conflict of interest) dlm IPO Garuda. Karena Mandiri sbg pemegang saham akan melepas... #BUMNGaruda

83...sahamnya di Garuda dg menggunakan anak perusahaan Bank Mandiri sendiri sebagai penjamin Emisi. Yaitu Mandiri Sekuritas. #BUMNGaruda

84. #BUMNGaruda. Baca link address berita ini sangat jelas. IPO Garuda. Mandiri Sekuritas tangani dua IPO di awal 2011 http://bit.ly/empQHx

85.Garuda dlm IPO nya tidak menerbitkan saham baru. Tapi menjual saham lama yg sudah ada. Yaitu saham pemerintah dan Mandiri. #BUMNGaruda

86.Saat ini pemegang saham Garuda adl:1)Pemerintah lewat Menkeu.2)Bank Mandiri. Aneh pemerintah punya saham Garuda dr 2 tempat. #BUMNGaruda

87.Bank Mandiri sbg bank BUMN juga milik pemerintah. Tapi bisa memiliki BUMN lain yg juga milik pemerintah. Makanya skema aneh. #BUMNGaruda

88.Window dressing Laporan Keuangan ini dilakukan oleh para CEO Garuda yg dipegang oleh para mantan bankers. Harus dicermati. #BUMNGaruda

89.Financial reengineering di Garuda dimulai sejak Abd.Gani mantan CEO Bank Duta ketika menjabat Dirut. Diteruskan Robby Djohan. #BUMNGaruda

90.Dan sekarang Emisrsyah Satar. Sebuahnya bankers. Dimana otak-atik laporan keuangan korporasi itu adl mainan yg jamak &mudah. #BUMNGaruda

Benjamin Israel. Strategic Business and Intelligent Consulting. Global Service. RT @coklat_manies: Siapa sih dirimu? @benny_israel

91.Kalau IPO Garuda diteliti dg seksama. Maka IPO tesebut adl sebuah skema menggunakan uang dr pasar modal unt bayar hutang. #BUMNGaruda

92.Garuda ingin lepas dr lilitan hutangnya di Mandiri. Mandiri ingin memperbaiki portofolio kreditnya. Prosentase NPLnya. #BUMNGaruda

93.Maka ditempuhlah sebuah financial reengineering scheme tersebut. Sebuah simbiosis mutualisme. Antara kreditur dan debitur. #BUMNGaruda

94.Kalau tidak teliti membaca Prospectus IPO pd sisi legal maka masyarakat investor di pasar modal bisa dirugikan. Harus hati2. #BUMNGaruda

95.Investor pasar modal yg ingin membeli saham perdana Garuda kalau jadi IPO. Harus ekstra hati2 dan jeli membaca Prospektusnya. #BUMNGaruda

96.Para pengamat pasar modal harus mengingatkan para investor ttg kinerja fundamental korporasi Garuda. Kualitas Aset & Profit. #BUMNGaruda

97.Kelihatan kualitas profit Garuda selama ini hasil dari window dressing. Seperti yg sdh pernah diingatkan oleh @estananto. #BUMNGaruda

97.Garuda mengejar target laba di laporan keuangan spy bisa IPO. Karena syarat bisa IPO di bursa IDX adl laba 3 tahun berturut. #BUMNGaruda

98.Makanya wajar peringatan yg disampaikan oleh @estananto perihal masalah profit Garuda dilaporan keuangan. Harus dicermati. #BUMNGaruda

99.Asset terbesar Garuda saat ini asset pesawat dlm bentuk leasing. Akan teramortisasi seiring dg habisnya masa leasing. #BUMNGaruda

100.Aset Garuda terbaik saat ini yaitu kepemilikannya di GMF. Garuda Maintenance Facility. Anak perusahaan bidang perbaikan... #BUMNGaruda

101...dan service pesawat. Punya fasilitas dan hanggar yg besar di bandara Soetta. Maskapai Lufthansa Jerman sangat berminat. #BUMNGaruda

102.Apabila GMF dijual oleh Garuda pihak Lufthansa sangat minat. Maka struktur asset Garuda adl 'Aset Tdk Berkualitas/Bosok'. #BUMNGaruda

103.Lantas apa yg akan dijual oleh Garuda pd saat IPO? Hanya sebuah nama brand. Yaitu Garuda. Flight Carrier. Sebuah BUMN. #BUMNGaruda

104.Fundamental aset korporasinya lemah. Sangat lemah. Apalagi uang hasil IPO nya unt bayar hutang. Bukan unt ekspansi usaha. #BUMNGaruda

105.Otoritas Pasar Modal dalam hal ini Bapepam LK harus membuat aturan yg lebih detail dan tegas masalah benturan kepentingan. #BUMNGaruda

106.Apabila ada BUMN yg melakukan IPO dan Go Public dan di pasar modal. Harusnya tdk boleh penjamin emisinya adl BUMN juga. #BUMNGaruda

107.Krn rawan conflict of interest. Masalah insider information maupun yg lain. Pemegang saham yg sama rapat masalah yg sama 2x. #BUMNGaruda

108.Ketegasan Bapepam LK ini penting unt melindungi masyarakat investor di pasar modal. Jangan sampai orang awam jadi korban. #BUMNGaruda

109.Kasus IPO Krakatau Steel seharusnya bisa jadi pelajaran berharga dimana 3 penjamin emisinya semuanya BUMN. Harus diatur. #BUMNGaruda

110.Selesai. Saatnya menjawab pertanyaan.

**********
Betul. Tapi mekanismenya tdk transparan. RT @arki_rif: Ujung2nya garuda barter utang dgn saham kepemilikan mandiri ya..RT @benny_israel: dispute hutang Garuda ke Bank Mandiri..

Konversi hutang ke modal oleh kreditur bank tdk boleh. RT @arki_rif: Soalnya ada resiko conflict of interest ya.. RT @benny_israel: Peraturan Bank tdk boleh punya saham non bank atau non keuangan. #BUMNGaruda

Tdk transparan prosesnya. Harus dicermati oleh pemerhati pasar modal. RT @AMartuaraja: @benny_israel Lha kok ... http://tmi.me/500dc

Bisa masuk juga KPPU kalau di jeli memilih isu sbg pintu masuknya. RT @arki_rif: Bisa kena KPPU tuh.. RT ... http://tmi.me/500mB

Pidana pencucian uang kalau uangnya hasil kejahatan terus dimasukkan ke dalam sistem keuangan yg legal. RT @tri_moel: @benny_israel kalau Hutang dialihkan ke Modal saham, terus dijual sahamnya itu bukannya Pencucian Uang yah? #IPOGaruda cc: @IndonesiaGaruda

No comments:

Post a Comment